Latar Belakang PKL di Dinas Peternakan (UPT PT dan HMT) Kota Batu

BAB I

PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang

Sapi perah merupakan salah satu komoditi peternakan yang dapat mendukung pemenuhan kebutuhan akan bahan pangan bergizi tinggi dengan menitikberatkan pada peningkatan populasi dan produksi hasil ternak . Produksi susu sapi perah  dipengaruhi oleh faktor genetik, pakan, iklim, dan kesehatan. Faktor genetik, pakan, dan iklim sudah dapat dikendalikan cukup sesuai. Faktor yang masih diabaikan oleh pemilik peternakan adalah kesehatan. Kesehatan merupakan faktor penting karena dapat mengakibatkan sapi menjadi stress, sehingga menimbulkan hambatan dalam proses pemerahan, mengakibatkan sekresi atau pembentukan air susu berikutnya terhambat, bahkan dapat menurunkan produksi susu secara permanen. Salah satu serangan penyakit yang bisa merugikan peternak yakni penyakit parasiter. Penyakit parasit cacing merupakan penyakit yang secara ekonomis merugikan, karena sapi yang terserang penyakit ini akan mengalami hambatan pertambahan berat badan, penurunan kualitas daging, kulit, jerohan, penurunan produktivitas ternak, penurunan produksi susu pada ternak perah dan bahaya penularan pada manusia atau zoonosis.

Nematoda merupakan class cacing yang seringkali menyerang hewan ternak khususnya sapi karena ruminansia merupakan ternak yang sangat peka terhadap parasite cacing dibandingkan dengan ternak yang lain karena kebiasaannya merumput dan imunitasnya yang rendah. Kondisi akibat investasi nematoda sering dikenal dengan istilah nematodosis yaitu suatu kondisi dimana sejumlah cacing berada dalam tubuh hospes dan dapat menyebabkan suatu penyakit. Parasit cacing saluran pencernaan dari golongan nematoda merupakan masalah utama yang menyebabkan gangguan kesehatan pada ternak khususnya ruminansia. Identifikasi spesies cacing penting dilakukan karena untuk mengetahui bentuk-bentuk dari cacing parasit, bentuk telur maupun larva agar mudah mengenali dan melakukan tindakan efektif untuk pencegahan maupun pengobatan terhadap infeksi caing parasit.

PKL merupakan suatu bentuk kegiatan yang dilakukan di luar kampus untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di lingkungan kampus dan menimba pengalaman di lapangan. Melalui program ini mahasiswa dapat belajar langsung dari dunia kerja, terutama yang berkaitan langsung dengan disiplin ilmu yang selama ini hanya didapat mahasiswa berupa teori dari perkuliahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s