Endokardiosis

Endokardiosis yang juga dikenal sebagai penyakit katup mitral kronis merupakan penyakit yang umum pada anjing, yang mana mempengaruhi keadaan katup mitral. Pada penyakit ini terjadi degenerasi katup mitral jantung, katup mitral adalah salah satu dari empat set katup dalam jantung anjing. Katup mitral yang mengalami degenerasi myxomatous yang mengacu pada melemahnya patologis jaringan ikat menyebabkan katup tidak lagi sepenuhnya menutup sempurna pada setiap aksi pemompaan, istilah ini sering digunakan dalam konteks katup mitral yang prolaps, sehingga menyebabkan darah mengalir balik, dari 15 ventrikel kiri kembali ke atrium kiri. Ketika kondisi semakin memburuk, lebih banyak darah yang terpompa menyebabkan tekanan yang sangat kuat berasal dari aliran balik melalui katup.

Pada tahap akhir, katup menjadi prolaps, dan menyebabkan katup ruptur sepenuhnya. Konsekuensi akhir dari penyakit ini adalah gagal jantung kongestif. Prevalensi dan keparahan penyakit meningkat dengan berjalannya usia. Pada pasca mortem, lebih dari separuh populasi anjing usia tua sudah terdistorsi katup mitral. Sebagai konsekuensi dari degenerasi katup secara progresif, katup menjadi semakin tidak mampu bekerja dengan baik dan dalam beberapa kasus, tingkat regurgitasi mitral menjadi begitu parah sehingga anjing mengalami gagal jantung kongestif. Studi terbaru menunjukkan bahwa penyakit ini dapat didiagnosis menggunakan ekhokardiografi pada tahap awal, misalnya dengan mengukur tingkat katup mitral yang prolaps, yaitu derajat abnormalitas dari daun katup untuk terjadinya penonjolan keluar terhadap atrium kiri pada saat sistol. Dengan menggunakan auskultasi jantung saja untuk pemeriksaan pada tahap awal penyakit katup mitral, dimana tidak adanya regurgitasi katup mitral, dapat menjadi cara yang sulit untuk mendiagnosisnya.

Ada beberapa temuan khas terlihat yaitu penebalan daun katup mitral pada tahap akhir, dilatasi ventrikel kiri, anulus mitral dan atrium kiri, dalam banyak kasus jet lession, ruptur chordae tendineae dan fibrosis sekunder pada daun katup juga ditemukan. Lesi serupa, meskipun biasanya kecil, sering juga ditemukan pada katup trikuspid. Secara histologi, penyakit ini ditandai oleh pengendapan glukosaminoglikan di spongiosa dan lapisan fibrosa pada daun katup dan terjadi fragmentasi secara bersamaan dan adanya gangguan pada kumpulan jaringan kolagen dalam fibrosa. Penyakit endokardiosis ini jauh lebih sering terlihat parah di beberapa bagian katup mitral daripada di bagian katup lainnya. Katup biasanya tidak dapat bekerja dengan baik karena daun katup yang menyusut dan tidak dapat menutup sempurna, tetapi terkadang juga karena daun katup mengalami penebalan, sehingga tidak dapat menutup dengan sempurna akibat adanya penumpukan pada ujung katup lainnya. Ketika melakukan pemeriksaan lebih lanjut, kita harus coba bayangkan bagaimana katup pada saat sistol mengerahkan tekanan tinggi agar darah dapat mengalir dengan baik. Keadaan katup yang 16 berubah, menyebabkan aliran darah ventrikel kiri menjadi mengalir balik ke atrium kiri dan bercampur darahnya sehingga menimbulkan regurgitasi katup. Hal ini cukup membuktikan bahwa bukan hanya karena penebalan otot ventrikel yang menjadi faktor mendasar, tetapi kondisi katup harus diperhitungkan juga menjadi penyebab insufisiensi paling tinggi.

Karakteristik penyakit ini adalah dengan periode pre-klinis yang panjang dan banyak anjing yang mati untuk alasan lain, bukan akibat lanjut dari penyakit katup ini dan bahkan penyakit tidak berkembang menjadi CHF. Anjing yang terkena endokardiosis, lalu bertambah parah menjadi CHF, waktu kelangsungan hidupnya dapat dihubungkan dengan beberapa faktor termasuk kepatuhan dari pemilik hewan dalam memberikan perawatan yang memadai, pengobatan, adanya komplikasi kardiovaskular seperti hipertensi paru-paru atau pecahnya chordae tendineae, dan adanya penyakit bersamaan lainnya yang memperparah kondisi anjing tersebut.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s