CONGENITAL HEART MURMURS

Congenital heart murmurs terdengar pada fetus yang baru lahir. Disebabkan oleh kelainan-kelainan pada klep, septae atau arteri-arteri, dan vena-vena yang mengangkut darah ke dan dari jantung. Pada beberapa kondisi penyakit jantung kemungkinan ada kombinasi dari ketiganya. Congenital heart murmurs kadang hilang secara spontan tanpa intervensi medis sementara ada juga yang memerlukan operasi untuk perbaikan.
Patent ductus arteriosus (PDA) mungkin menyebabkan heart murmur pada fetus baru lahir. Sebelum kelahiran, aorta dan arteri pulmonary disambung oleh arteri kecil, ductus arteriosus, untuk melengkapi sirkulasi darah fetal. Setelah kelahiran, arteri ini diharapakn menutup. Jika ada kelainan jantung kongenital, ductus akan tetap terbuka untuk membantu mempertahankan beberapa sirkulasi darah. Ketika tidak ada kelainan congenital, ductus tidak menutup sepenuhnya dan bunyi murmur yang ada.

Kelainan-Kelainan Klep

Kelainan-kelainan dari klep jantung yang mungkin menyebabkan heart murmur. Setiap kelainan klep seringkali menjurus pada karakter yang spesifik dan timing dari heart murmur.

  • Valve stenosis adalah penyempitan dari klep jantung. Ini sering terjadi ketika klep mengalami luka gores yang disebabkan oleh luka dan luka gores dari nfeksi seperti pada demam rheumatic atau dari kerusakan congenital pada kelahiran. Calcification dari klep mungkin juga berakibat pada stenosis. Ini menyebabkan otot jantung bekerja lebih keras untuk mendorong darah melalui mulut yang lebih sempit yang kemungkinan terjadi gagal jantung.
  • Valve regurgitation (atau kekurangan) adalah klep yang bocor menyebabkan darah mengirim balik melawan pola aliran darah yang normal dalam jantung. Klep mungkin mengalami stenosis dan regurgitation.
  • Valve sclerosis adalah penyempitan yang ringan dan kekakuan dari klep (paling sering terlihat pada klep aortic) yang disebabkan oleh penuaan. Berhubungan dengan penyakit jantung atherosclerotic.
  • Valve prolapse adalah pembungkukan dari klep yang menyebabkan beberapa kebocoran dan paling sering melibatkan klep mitral.
  • Endocarditis adalah infeksi dari lapisan jantung yang melibatkan dan menghancurkan klep jantung. Sumber infeksi biasanya ada ditempat lain dalam tubuh dan ia bejalan via aliran darah untuk menginfeksi jantung. Paling sering, ada kondisi jantung yang mendasari sebelumnya.

Lubang pada dinding-dinding dari jantung (septum yang memisahkan bilik-bilik jantung) dapat menjadi sumber dari heart murmur. Atrial septal defect (ASD) menggambarkan lubang pada dinding yang memisahkan bilik pengumpul dari jantung sementara ventricular septal defect (VSD) mempengaruhi dinding yang membelah bilik pemompa.

Gejala-Gejala Dari Heart Murmur

Heart murmur tidak menyebabkan gejala-gejala dan umumnya tidak dapat didengar oleh orang yang terpengaruh. Penyakit jantung congenital ada pada fetus yang baru lahir yang mempunyai kesulitan bernapas yaitu cyanotic, yang berarti bahwa jantung tidak dapat mensirkulasikan darah dan oksigen dari paru-paru ke tubuh. Beberapa fetus dengan persoalan-persoalan jantung mempunyai kesulitan makan,  berkembang, dan tumbuh secara benar. Palpitasi-palpitasi atau sensasi dari denyut jantung yang irregular (tidak teratur) adakalanya terlihat pada pasien-pasien dengan kelainan klep jantung.

Mendiagnosa Heart Murmur

Heart murmur didiagnosa sewaktu pemeriksaan fisik oleh dokter hewan ketika ia mendengar suar-suara jantung dengan stethoscope.

Sejarah Pasien

Evaluasi jantung mulai dengan pertanyaan pada klien yang berhubungan dengan fungsi jantung. Pada hewan yang tua, beberapa pertanyaan yaitu menanyakan tentang nyeri atau tekanan dada, sesak napas, dan pembengkakan dari tungkai. Pada fetus gejalanya menyusu atau makan yang buruk, penambahan berat badan atau pertumbuhan yang buruk.

Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan fisik termasuk menilai warna kulit, merasakan dan menilai nadi, mengevaluasi tungkai-tungkai apakah ada pembengkakan dan edema, mendengar bunyi paru-paru untuk tanda tanda adanya  penumpukan cairan. Evaluasi jantung dengan menilai denyut dan irama jantung, apakah ia terlalu cepat, terlalu perlahan, teratur, atau tidak teratur. Dari dada dapat diraba, tangan ditempatkan pada area diatas jantung mencoba merasakan getaran (vibrasi) yang diakibatkan oleh heart murmur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s