Menejemen Reproduksi Ternak di Peternakan BBPP Batu – Songgoriti

Manajemen reproduksi pada peternakan sapi perah lebih difokuskan pada pengaturan perkawinan. Manajemen/pengaturan perkawinan ini dapat meliputi beberapa aspek, yaitu identifikasi sapi, pemeliharaan masa pedet sampai dengan dara, pengaturan perkawinan pada saat laktasi dan metode perkawinan.

Jumlah sapi yang bunting sebaiknya tidak kurang dari 60% jumlah sapi dewasa. Hal ini dimaksudkan agar produksi susu dapat dipertahankan sepanjang waktu, sehingga tidak terjadi masa banjir susu dan masa kering. Sebaiknya, 40-60 hari setelah beranak, sapi dikawinkan kembali. Perkawinan sapi-sapi tersebut tidak boleh lebih dari 3 bulan setelah beranak. Sementara itu, sapi perkawinan yang berproduksi tinggi dapat dilaksanakan sampai dengan 4bulan masa laktasi. Perkawinan sapi perah dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni kawin alam dan kawin suntik (inseminasi buatan atau IB). Kawin alam biasa dilakukan oleh peternak besar dengan biaya yang relatif mahal, karena harus memelihara pejantan. Sementara itu, kawin suntik biasa dilakukan oleh peternak kecil dengan biaya yang lebih murah, karena tidak harus memelihara pejantan.

Periode birahi rata-rata 21 hari sekali, tetapi dapat pula sapi-sapi yang memiliki periode birahi bervariasi dari 17-26 hari. Lama masa birahi ini berlangsung selama 6-36 jam dengan rata-rata 18 jam untuk sapi betina dewasadan 15 jam untuk sapi dara. Tanda-tanda sapi birahi harus diketahui oleh para peternak sapi perah untuk menjamin keberhasilan setiap perkawinan, sehingga sapi-sapinya dapat beranak setahun sekali. Kondisi ini sangat penting untuk menjamin kelangsungan produksi susu dalam suatu peternakan sapi perah.

Tanda-tanda umum sapi perah yang sedang birahi adalah sebagai berikut:

  1. Sapi betina akan menaiki sapi betina lain.
  2. Sapi gelisah dan berjalan mondar-mandir.
  3. Keluar cairan kental, jernih dan berkaca-kaca dari vagina nya.
  4. Kemaluan (vulva) berwarna merah, bengkak dan hangat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s