Paramphistomum

  • Familia : Paramphistomatidae

Trematoda jenis ini biasanya bertubuh tebal. Ventral sucker terletak pada ujung posterior tubuh. Tidak memiliki pharinx, tetapi memiliki esofagus, sedangkan intestinal sederhana. Cutikula tanpa spina, porus genitalis terletak ventral. Testis berlobi terletak anterior dan ovarium yang kecil. Glandula vitellaria disebelah lateral tubuh.

  • Genus : Paramphistomum

Spesies yang penting :    – P. cervi,  P. microbothrium,  P. ichikawae.

Predeleksi   :  di dalam rumen dan retikulum sapi, domba, kambing, kerbau, kijang dan ruminansia lain, sedangkan cacing muda berpredeleksi didalam usus halus dan baru akan bermigrasi kedalam rumen dan retikulum setelah menjadi dewasa.

Morfologi   :  bentuk cacing bulat seperti kerucut, pada bagian ventralnya agak cekung, bagian dorsalnya cembung, agak tebal dan berwarna merah muda. Tubuh cacing dewasa berukuran panjang 5-13 mm dan lebarnya 2-3 mm. Ditemukan adanya batil isap mulut ( oral sucker) berukuran kecil dan ventrak sucker berkembang sempurna terletak pada ujung posterior. Tidak memiliki pharing, tetapi memiliki oesopagus sedangkan saluran pencernaannya sangat sederhana. Cacing ini bersifat hermaphrodit, dimana porus genitalisnya terletak pada bagian akhir 1/3 anterior tubuhnya. Alat kelamin betina terdiri dari ovarium kecil yang letaknya dibelakang testis. Alat kelamin jantan mempunyai testis besar, agak berlobi dan letaknya disebelah depan dan belakang disebelah anterior ovarium. Seekor cacing betina dapat bertelur setiap hari sebanyak 75 butir per hari. Telur cacing berdinding tipis, memiliki operculum, ukuran panjangnya 114 – 176 X 73 – 100 mikron.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s