Renal Amiliodosis

 Definisi

Amiloidosis adalah suatu penyakit yang ditandai dengan penumpukan amiloid pada ginjal interseluler, hati dan lien. Amiloid adalah glikoprotein yang terjadi oleh reaksi-reaksi imunologis. Akumulasi amiloid pada anjing terutama dalam glomeruli, sedangkan pada kucing terutama di medula. Akumulasi amiloid dapat terjadi karena proses supuratif penyakit, nekrotik atau neoplastik. Akumulasi amiloid akan menyempitkan perivaskular pada lumen pembuluh darah, mengurangi perfusi dan menyebabkan iskhemi atrofi dan nekrosis sel-sel di sekitarnya.

 Gejala Klinis

Tanda-tanda klinis amiloidosis tergantung pada stadium penyakit, pada tahap awal hanya ada proteinuria (albuminuria) yang ditemukan di urinalisis. Dalam keadaan yang berlangsung lebih dapat terjadi sindrom nefrotik atau gagal ginjal. Pada hati dan lien dapat memperbesar, ginjal dapat diperbesar, normal atau lebih kecil yang tergantung pada tahap penyakit. Amiloidosis sering terjadi pada trombosis dalam pembuluh darah di paru-paru, lien, ginjal, koroner, mesenterika, iliaca dan m. brakialis (yang dapat menyebabkan kematian tiba-tiba, disfungsi, dan gngguan  ekstremitas).

Diagnosa

Diagnosa ditentukan dari tanda-tanda klinis termasuk proteinuria persisten dengan proses supuratif kronis, kerusakan jaringan, neoplasia, pembesaran pada hati dan lien, yang selanjutnya dapat dilakukan biopsi. Amiloid dapat didiagnosa melalui pemeriksaan histologis pada jaringan yang terkena.

Terapi

            Terapi sulit dilakukan. Pada umumnya, terapi hanya dilakukan pada faktor primer (supuratif / neoplastik) dan pengobatan simtomatik misalnya pada pasien gagal ginjal, tetapi hanya dapat memperpanjang umur hewan untuk penyakit yang progresif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s